Pengertian Internet: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Pengertian Internet: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja – Siapa yang tidak tahu apa itu Internet ? hampir semua orang dapat merasakan banyak manfaatnya. Baik untuk berkomunikasi, sarana bekerja ataupun pencarian informasi yang sangat membantu dalam kehidupan seperti sekarang. Dengan adanya internet, memungkinkan komunikasi jarak jauh menjadi lebih cepat dan efektif.

Kehadiran internet sendiri memberikan perubahan yang signifikan dalam lini kehidupan manusia. Sebelum menikmatinya lebih jauh lagi, tidak ada salahnya untuk kita mengetahui sejarah kemunculannya yang akhirnya menjadi idola oleh semua orang yang berada di belahan bumi manapun. Tak kenal maka tak sayang, dan karena kita sudah semakin “sayang” bahkan cinta pada Internet, kita wajib mengetahui asal mula kemunculannya.

Sejarah Internet

Pengertian Internet

images/google

Internet berasal dari istilah Interconnected Network yang memiliki arti sekumpulan komputer – komputer yang saling terhubung satu sama yang lain pada jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk sebuah sistem komunikasi. Sejarah internet dimulai pada tahun 1969 ketika saat itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk membuat proyek riset (penelitian) tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk sebuah jaringan komunikasi yang diketuai oleh Joseph Licklider.

Proyek riset ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Awal mulanya, internet hanya dibuat untuk kepentingan kesehatan dan militer yang hanya menghubungkan empat situs instansi saja, yaitu University of Utah, Stanford Research Institute, Santa Barbara, dan University of California. Keempat universitas tersebut membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Sampai pada tahun 1970, sudah ada lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu dengan yang lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Setelah peresmiannya pada Oktober tahun 1972, hal ini juga membuat ARPANET kewalahan dalam mengaturnya hingga kemudian dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah ARPANET untuk kepentingan nonmiliter dan kedua adalah MILnet untuk kepentingan militer. Tahun 1972, seorang ilmuwan bernama Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang telah dia ciptakan untuk ARPANET. Program tersebut ditujukan untuk sarana surat-menyurat dalam bentuk elektronik ini sangat mudah digunakan sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting untuk menunjukkan “at” atau “pada”.

Hingga pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke berbagai daerah di luar Amerika Serikat. Komputer di University College london merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer bernama Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex, United Kingdom.

Hari bersejarah berikutnya adalah pada tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah
e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah ada lebih dari 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama International Network Working Group (INWG).

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet

Pada tahun 1982 dibentuknya Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang kita kenal semua hingga sekarang. Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan komputer baru yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa komunikasi jaringan komputer di negara-negara seperti Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang sudah ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang sampai saat ini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah lebih dari 1000 komputer. Pada tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi lebih dari 10.000 komputer.

Pengertian Internet

pengertian internet

images/LovePik

Secara umum definisi Internet adalah sebuah sistem yang menghubungkan komputer – komputer dan jaringan secara global di seluruh dunia dengan menggunakan layanan Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Dalam penggunaannya Internet hanya ditujukan hanya untuk kebutuhan militer saja hingga pada akhirnya menjadi sebuah kebutuhan pokok sebagai sarana berkomunikasi pertukaran data dari dan seluruh dunia. Dengan Internet, kita dengan mudah mengirim sebuah pesan dalam hitungan detik dibelahan dunia secara cepat.

Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan hingga miliaran jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lingkup lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah arsitektur array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi dari seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara penggunanya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini kami akan memberikan rangkuman dari berbagai macam definisi internet yang bisa Anda baca juga untuk menambah wawasan!

  • Menurut Oetomo (2002) menyebutkan bahwa, definisi internet merupakan singkatan atau kependekan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar (global), dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. dijelaskan lebih lanjut yaitu, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringan di seluruh dunia.
  • Menurut Allan (2005) Definisi internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca serta menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Protokol itu sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Allan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi dalam jaringan.
  • Menurut Onno W. Purbo(2005) menjelaskan bahwa pengertian Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai layanan aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.
  • Menurut Harjono (2009) Definisi Internet diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan dan saling terkoneksi satu sama. Sehingga komputer dapat saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan sebuah media untuk saling menghubungkan antara komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit hingga melalui sambungan telepon seluler.

Baca Juga: Cara Membuka Situs yang Diblokir

Tujuan Internet

Tujuan Internet

images/StockUnlimited

Tujuan Internet awalnya sederhana, yaitu untuk berbagi dan mendistribusikan sebuah informasi melalui jaringan komputer. Internet berawal dari penelitian yang ditugaskan oleh pemerintah federal Amerika Serikat pada tahun 1960-an untuk membangun sebuah komunikasi yang kuat dan aman terhadap kemungkinan kesalahan dengan jaringan komputer. Hingga sampai detik ini, saat artikel ini dirilis, Internet di seluruh dunia digunakan untuk tujuan yang bermacam-macam untuk memenuhi berbagai lini kehidupan.

Fungsi Internet

Internet memiliki satu fungsi utama, sebagai sarana pertukaran dan sumber informasi terkomputerisasi (dikenal sebagai data) dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia. Fungsi Internet ada berbagai macam dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya yaitu :

  • Memudahkan Mengakses Informasi
    Sekarang ini kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dahulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang ini, kita dapat belajar berbagai hal hanya bermodalkan internet dimanapun dan kapanpun dari seluruh dunia sekalipun.
  • Memudahkan Komunikasi Informasi
    Jika dahulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berada di negara lain ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama, tentu ini sangat tidak efisien. Namun, kini dengan adanya internet kita dapat berkomunikasi setiap saat dengan cepat dan mudah sehingga lebih efisien.
  • Memudahkan Proses Pekerjaan
    Perusahaan banyak menggunakan layanan Internet sebagai salah satu solusi cerdas untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain, sarana pertukaran informasi, pengembangan, proses produksi hingga pemasaran dapat meningkatkan kualitas perusahaan.

Manfaat Internet

Manfaat Internet

images/StockUnlimited

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke Internet. Manfaat internet adalah untuk sarana konektivitas dan sarana komunikasi; seperti akses informasi, akses pengetahuan, dan edukasi pendidikan sekalipun; alamat dan pemetaan; kemudahan dalam bisnis; serta hiburan. Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, Internet adalah jaringan yang luas (global) yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Semua orang di dunia ini dapat berbagi informasi dan berkomunikasi dengan koneksi internet. Saat ini, internet berperan sangat penting di berbagai bidang. Merangkum dari Computer Hope, berikut ini penjelasan 5 manfaat internet:

  • Untuk Sarana Konektivitas Dan Komunikasi

Internet dapat menghubungkan perangkat hampir di seluruh dunia. Orang-orang yang memiliki minat yang sama dapat saling terhubung, atau mengajukan pertanyaan kepada para pakar di bidangnya masing-masing. Internet memungkinkan kita berkomunikasi saat itu juga atau dalam waktu singkat meski terpisah jarak yang jauh.

  • Untuk Akses Informasi, Pengetahuan Dan Edukasi

Internet mengandung beragam materi pengetahuan dan informasi yang tidak ada habisnya dan terus bertambah setiap harinya. Internet memungkinkan kita mempelajari topik apa pun sesuai keahlian. Internet berguna dan sangat membantu di bidang pendidikan. Karena itu, materi tentang berbagai ilmu bisa didapatkan dengan mudah di internet. Dengan internet, kita bisa meningkatkan kemampuan diri secara otodidak, menguasai berbagai mata pelajaran yang mungkin tidak diperoleh dari pendidikan formal contohnya, dan mahir mengerjakan tugas apa pun. Contoh umum seperti sekarang ini, dengan menggunakan mesin pencari populer seperti Google, kita bisa menanyakan pertanyaan apa pun, menemukan halaman web yang akan memberikan jawaban beserta informasi terkait bahkan bisa dikatakan secara akurat.

  • Alamat Dan Pemetaan

Internet dapat membantu penggunanya untuk mendapatkan alamat atau mencari tahu sebuah lokasi di setiap tempat di dunia. Melalui layanan peta dengan bantuan teknologi GPS atau mesin pencari seperti Google. Kita dengan mudah bahkan bisa menemukan rute tercepat ke lokasi tujuan.

  • Kemudahan Bisnis

Internet juga memberi kemudahan pada dunia bisnis, melakukan sarana jual-beli dan transaksi. Internet bisa menjadi tempat untuk mengiklankan dan menjual barang atau layanan jasa setiap saat kepada semua orang di seluruh dunia.

  • Sarana Hiburan

Internet juga dapat memberi akses lebih luas ke dunia hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik, menonton film sampai bermain game online. Seperti kita gunakan untuk mencari hiburan seperti : Youtube, Facebook, Instagram, Netflix ataupun Spotify. Sarana seperti inilah bisa kita dapatkan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya layanan internet.

Baca Juga: Cara Download Video di Facebook Android & PC

Jenis Jaringan Internet

Di dalam teknologi internet sendiri, ada beberapa jenis jaringan internet yang tersedia. Tentu saja masing-masing memiliki keunggulan serta spesifikasi yang berbeda. Jenis kegunaannya pun juga berbeda-beda. Jadi, apa saja jenis jaringan internet yang pernah ada di dalam sejarah internet untuk teknologi didunia?

Sebelum mengetahui jenis jaringan internet, perlu juga untuk kita ketahui media transmisi data yang digunakan, untuk menyambungkan internet ke perangkat Anda.

  • Jaringan Berkabel (Wide Network)

Jaringan wired network merupakan sebuah jaringan yang menggunakan media transmisi berupa kabel, sebagai transmisi atau pengiriman data. Tidak hanya satu, akan tetapi ada banyak jenis kabel, yang biasa digunakan untuk jaringan berkabel ini. Secara umum, jenis kabel yang paling sering digunakan adalah kabel jenis UTP dan kabel Fiber Optik.

  • Jaringan Nirkabel /Tanpa Kabel (Wireless Network)

Jika sebelumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, jaringan ini tidak menggunakan media kabel, di mana jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal data antara komputer. Agar gelombang tersebut tercipta, maka dibutuhkan sebuah alat yang bernama wireless adapter. Sehingga, jaringan informasi bisa disampaikan ke penerima data, yang dikirimkan oleh komputer lain.

Yuk, ketahui jenis jaringan internet yang pernah ada di seluruh dunia, berikut ini:

#1. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network)

images/google

Jenis jaringan internet yang pertama dan paling dikenal LAN atau Local Area network. Adapun LAN ini merupakan suatu jaringan komputer dan internet,, yang cakupan jaringannya kecil. Contohnya, seperti pada jaringan komputer di perkantoran, warnet atau warung internet, sekolah, rumah ataupun lembaga bimbingan belajar.

Untuk menggunakan jenis jaringan internet LAN ini, biasanya kamu harus menggunakan bantuan kabel ethernet, yang memiliki teknologi IEEE 802.3. Hal tersebut dilakukan agar tersambungnya internet, untuk ke PC ataupun ke laptop kamu. Namun, jenis jaringan internet ini, biasanya hanya bisa mencakup wilayah kecil, yakni sekitar 1 kilometer persegi, seperti di dalam ruangan saja.

Namun, ada juga kabel selain ethernet, yang memiliki teknologi 802.11b, yang lebih dikenal dengan istilah Wi-Fi.
Nah, untuk jenis jaringan LAN yang menggunakan Wi-Fi ini, biasa disebut dengan WLAN atau Wireless Local Area Network.

#2. PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network (1)

images/google

Jenis jaringan internet yang ada di Indonesia selanjutnya adalah PAN atau Personal Area Network. Adapun, jenis jaringan PAN ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan LAN, yakni hanya mencangkup area perorangan saja. Bahkan, cakupan jaringan internet yang diberikan PAN lebih kecil ketimbang LAN. Nah, PAN ini memiliki cakupan yang sangat kecil, yakni hanya 10 meter saja.

Selain itu, untuk cara mengkoneksikannya jaringan PAN, juga cukup mudah. Caranya, cukup dengan menyambungkan lewat bluetooth saja. Jadi, kamu tidak perlu repot menyambung kabel, dan jaringan PAN bisa memberikan kemudahan untuk untuk mengupload foto ataupun video ke desktop kamu, mengirim dokumen, dan masih banyak lainnya.

#3. WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network)

images/google

Setelah LAN dan PAN jenis jaringan internet selanjutnya adalah WAN atau Wide Area Network. Berbeda dengan LAN dan PAN, jaringan WAN ini memiliki jaringan telekomunikasi yang sangat luas, bahkan bisa mencapai satu negara. Bukan untuk kepentingan pribadi atau perorangan, jaringan WAN lebih sering digunakan untuk kepentingan bisnis.

#4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network)

images/google

Untuk jenis jaringan internet berdasarkan jangkauan geografis yang terakhir, adalah Metropolitan Area Network atau MAN. Jaringan MAN ini merupakan jaringan yang bisa disebut sebagai pengembangan dari jaringan LAN, bahkan memiliki jaringan koneksi yang internet lebih besar dari pada LAN.

Jaringan MAN lebih bisa digunakan untuk beberapa LAN hingga menembus ke suatu cakupan seperti wilayah, kota, provinsi, atau masih berada dalam radius kurang dari 50 km. Selain itu, jaringan MAN juga didukung oleh kabel berkecepatan transfer data, yang tinggi. Sehingga, sangat memungkinkan bagi penerimaan, dalam menerima informasi antar komputer, karena berlangsung sangat cepat.

Untuk contoh penggunaan jaringan MAN ini seperti jaringan departemen, dengan beberapa kantor departemen tingkat kabupaten, atau kota yang dihubungkan antara satu dengan lainnya. Namun, secara garis besar jaringan WAN memang mirip dengan MAN, karena bisa menyambung ke beberapa MAN. Tetapi, jaringan LAN bisa dihubungan jauh lebih banyak oleh WAN daripada MAN.

Cara Kerja Internet

Internet memiliki sebuah sistem dengan cara kerja yang sangat kompleks baik dari sisi hardware dan juga software. Jaringan komputer global yang disebut internet sering kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Terdiri dari miliaran komputer dan jaringan di seluruh dunia yang terhubung secara digital satu sama lain melalui kabel, serat optik maupun nirkabel.

Kita dapat menggunakan internet untuk menjelajahi sebuah situs web, berkomunikasi dengan pengguna lain, mengunduh gambar, musik dan video atau melakukan banyak hal bermanfaat lainnya. Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja internet itu, sehingga bisa menghubungkan komputer dan jaringan di seluruh dunia.

1. Membuat Permintaan: Saat kita mengunjungi halaman situs web, bagaimana informasi pada situs web tersebut bisa sampai ke komputer kita?

a). Mengirim Permintaan

Informasi yang ingin kita dapat tersimpan pada sebuah web server yang kita kunjungi. Komputer kita akan mengirimkan sebuah permintaan ke web server untuk meminta data yang akan dimuat. Lalu, permintaan dikirim dalam suatu istilah yang disebut “packet”. Packet ini merupakan sebuah paket virtual yang memiliki banyak informasi penting yang tersimpan. Dua informasi terpenting adalah alamat Internet Protocol (IP) server web tempat informasi disimpan dan alamat IP komputer yang kita gunakan.

b). Menghubungkan Permintaan

Paket dapat dikirim dari dan ke seluruh dunia baik melalui kabel serat optik bawah laut ataupun melalui satelit yang menghubungkan jaringan lokal dari satu negara ke negara lainnya yang berbeda pulau dan benua.

2. Menerima Informasi: Saat Packet telah terkirim, web server membukanya dan membaca permintaan komputer kita. Data informasi yang diminta seringkali cukup besar, sehingga perlu dipecah menjadi banyak paket, yang dapat dipisahkan menjadi ratusan bahkan ribuan. Semua paket ini mencakup informasi tentang bagaimana data tersebut nantinya harus disatukan kembali dan ke mana data akan dikirim dan dari mana asal pengirim permintaannya disatukan ulang menjadi informasi yang sempurna.

a). Memilih Rute

Web server atau server web mengirimkan paket-paket ini kembali ke komputer client atau peminta data informasi dan selanjutnya router dan switch bertugas untuk mengarahkannya.

b). Menyatukan Paket Kembali

Setelah semua paket telah diterima oleh client atau si peminta informasi, informasi yang dilampirkan memberi tahukan komputer cara menyatukan paket kembali untuk ditampilkan di layar computer kita. Hebatnya, dengan canggihnya teknologi, seluruh proses dari pengiriman mulai permintaan dan penerimaan paket ini biasanya memakan waktu kurang dari satu detik!

Penutup

Selain menjadi sarana komunikasi tercanggih saat ini, Internet memanglah seakan menjadi kebutuhan semua orang di seluruh dunia. Sebagai pengguna internet kita juga harus tahu (tidak wajib) terlebih secara umum sudah sepantasnya kita mengetahui seluk beluk awal mula berdirinya internet.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Internet: Sejarah Internet, Tujuan Internet, Fungsi Internet, Jenis Internet dan Cara Kerja Internet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

DMCA.com Protection Status