Cara Instal XAPK di Android

Cara Instal XAPK di Android – Banyak orang yang masih nggak tahu cara menginstal XAPK dan apa itu XAPK di HP Android. Padahal file ini penting banget untuk dimiliki di zaman sekarang, lho!

Terlebih, banyak sekali aplikasi dan game yang nggak ada di Play Store, meskipun banyak orang yang butuhnya dan ingin memainkannya.

Dengan XAPK kalian bisa install aplikasi dan game yang nggak ada di Google Play Store dengan sesuka hati. Sangat menarik, bukan?

Untuk tahu lebih jelas, simak pembahasan Admin tentang cara instal XAPK yang bisa kamu ikuti selengkapnya berikut ini!

Apa Itu XAPK?

Sebelum Admin Memberitahu gimana Cara Instal XAPK di Android, kalian perlu tahu dulu apa itu XAPK dan kegunaannya.

XAPK adalah jenis file installer baru untuk aplikasi dan game Android yang menggabungkan format APK dan OBB menjadi satu kesatuan.

Desain ini sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna Android dalam memasang aplikasi dan game terbaik dengan hanya menginstall XAPK tanpa perlu memindahkan file OBB.

Nah, kalian sudah jelas kan mengenai apa itu XAPK? Di section selanjutnya Admin bakalan ngebahas gimana cara pasang XAPK di handphone kalian.

Cara Instal XAPK di Android

Cara menginstall XAPK di HP sebetulnya cukup mudah, tetapi kalian butuh aplikasi tersendiri untuk memasang XAPK di handphone kalian yang bernama XAPK Installer.

Ukuran file XAPK installer nggak terlalu besar kok, geng, jadi kalian nggak perlu khawatir kuota habis buat download installer ini.

Selain ukuran file-nya yang kecil, XAPK Installer juga ringan waktu kalian pake buat install aplikasi atau game yang kalian mau.

1. Untuk bisa menginstall XAPK, kamu membutuhkan aplikasi XAPK Installer. Kamu bisa mendapatkan filenya XAPK Installer pada tautan di bawah ini!

File XAPK Link

2. Berikan izin akses pada XAPK Installer untuk Menyimpan Data dan Menginstall Aplikasi dari sumber lain.

3. Selain itu, karena XAPK digunakan untuk menginstall aplikasi di luar Google Play Store, kalian juga perlu memberikan izin akses XAPK Installer untuk menginstall aplikasi dari sumber lain.

4. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin di install lewat antar muka aplikasi ini.

5. Kalau kesulitan untuk menemukan XAPK yang ingin kalian pasang, coba scan SD Card dan instal XAPK yang kalian mau.

6. Setelah aplikasi selesai menginstal XAPK yang diinginkan, aplikasi tersebut sudah bisa langsung digunakan tanpa memindahkan file lainnya.

Langkah-langkah di atas juga bisa coba dipraktikkan buat kamu yang ingin tahu cara instal XAPK di Xiaomi, Samsung, atau merek HP lainnya.

BACA JUGA: Cara Download Lagu Dari Youtube

Cara Instal XAPK di Laptop

Nggak cuma di smartphone saja, kamu juga bisa mencoba cara install XAPK PUBG atau lainnya di laptop atau PC, geng.

Langkah-langkahnya mungkin akan terasa lebih rumit dibandingkan dengan menginstalnya di HP, tapi masih bisa kamu pahami kok. Penasaran? Simak tutorialnya berikut.

Cara Install XAPK di Laptop Menggunakan BlueStacks

Berhubung aplikasi XAPK installer yang sudah Jaka bahas sebelumnya nggak bisa langsung kamu install di laptop, maka kamu membutuhkan aplikasi emulator Android.

BlueStacks adalah salah satu emulator yang paling populer dan mudah untuk digunakan.

  1. Pertama, unduh dan install BlueStacks di laptop. Kamu juga bisa unduh BlueStacks via link berikut: Link
  2. Kemudian, buka direktori folder tempat menyimpan file XAPK Installer yang sudah Admin gunakan di cara sebelumnya.
  3. Double-click untuk menginstall aplikasi tersebut melalui BlueStacks.
  4. Ulangi langkah tadi untuk menginstall APK Amaze File Manager. Buat kamu yang belum punya aplikasinya, kamu bisa download lewat link berikut:
  5. Setelah itu, buka lagi aplikasi BlueStacks di laptop, masuk ke menu ‘Home’, dan pilih menu ‘My Games’.
  6. Klik folder ‘Systems Apps’ dan pilih ‘Android Settings’.
  7. Di dalam halaman Android Settings, scroll ke bawah dan pilih ‘Import Windows Files’.
  8. Di tahap ini, cari dan buka file XAPK yang ingin di install di laptop. Sebagai contoh, Admin akan instal aplikasi Bus Simulator MOD APK.
  9. Buka aplikasi Amaze File Manager di halaman My Games. Masuk ke folder DCIM > Shared Folder, lalu copy file XAPK yang ingin di-install di laptop.
  10. Selanjutnya, paste file tadi ke folder Download.
  11. Masih di menu My Games di aplikasi BlueStacks, double-click aplikasi XAPK Installer untuk membukanya. Jika muncul jendela izin akses, pilih ‘Allow’.
  12. Terakhir, instal XAPK seperti biasa.

Sayangnya, setelah Admin coba cara ini, nggak semua file XAPK berhasil di-install. Umumnya permasalahan disebabkan karena perangkat yang nggak kompatibel dengan game atau aplikasi.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir karena Admin punya alternatif cara instal XAPK di laptop lainnya berikut ini.

Keunggulan XAPK

  • Jenis file installer baru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan install aplikasi langsung dari Google Play Store atau pun dengan file APK.
  • Dibandingkan dengan Google Play Store, aplikasi dan game degan format XAPK lebih beragam karena Google melarang beredarnya beberapa aplikasi dan game.
  • Selain itu, banyak juga aplikasi yang nggak ada di Play Store yang bisa kalian download lewat XAPK, seperti aplikasi download video Youtube atau aplikasi lain yang sejenis.
  • Cara membuka file XAPK dan memasangnya di handphone juga jauh lebih mudah dibandingkan menginstall file jenis APK yang terkadang harus memindahkan OBB secara terpisah.

Kekurangan XAPK

  • Meskipun tergolong sebagai jenis installer terbaru, XAPK juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kalian perhatikan, loh!
  • Kekurangan pertama adalah game atau aplikasi yang dipasang menggunakan XAPK jarang sekali yang mendukung fitur update. Sering kali kalian harus mengupdate aplikasi ini secara manual.
  • Selain itu, karena tergolong bukan aplikasi resmi Google, keamanan dari aplikasi yang diinstall lewat XAPK juga tidak seaman dari Play Store.
  • Kalian harus pintar-pintar memilih situs terpercaya untuk download file XAPK seperti di Jalantikus.com karena Jaka sudah coba semua aplikasi yang diupload. Dijamin aman, deh!

Akhir Kata

Itulah cara menginstal XAPK di Android secara langsung lewat HP ataupun PC yang bisa kalian lakukan. Cukup mudah untuk dipraktikkan kan?

File installer jenis baru ini memang sedang trending sekarang, karena jauh lebih simple cara memasangnya daripada dengan jenis file installer yang lain yang disulitkan saat installasi.

Meskipun membutuhkan aplikasi khusus, ukuran aplikasi XAPK installer ini cukup kecil dan ringan ketika dijalankan sehingga tidak membebani dan membuat lambat HP maupun Laptop kamu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply