Mengenal Apa Itu Handshake Domains?

Mengenal Apa Itu Handshake Domains? Penyedia layanan pendaftaran domain terbesar ke-2 di dunia, Namecheap telah mengumumkan peluncuran layanan pendaftaran domain Handshake.
Sistem penamaan Handshake (HNS) adalah jaringan peer-to-peer dan sistem terdesentralisasi yang menggunakan dan berjalan di atas teknologi blockchain, sama seperti yang digunakan Bitcoin dan Ethereum. Artinya, sistem ini mampu melewati sebuah “pengawasan layanan data hosting terpusat” yang memungkinkan siapa saja yang menggunakannya memiliki kontrol penuh, kebebasan, dan tingkat keamanan domain yang lebih baik.

Apa itu Handshake (HNS) Domain?

Mengenal Apa Itu Handshake Domains?

Dalam situs resminya, terdapat kalimat An experimental peer-to-peer root naming system.” artinya, protokol atau sistem DNS ini masih dalam tahap pengembangan.

Handshake (HNS) adalah sebuah protokol penamaan domain pada jaringan peer-to-peer terdesentralisasi yang bertujuan secara mendasar mengubah sistem atau protokol penamaan domain internet saat ini, di mana nantinya setiap peer dapat mengelola, memvalidasi dan bertanggung jawab pada zona penamaan DNS root ( DNS Inti ) dengan tujuan lainnya yaitu sebagai alternatif otoritas sertifikasi yang saat ini di bawah pengawasan ICANN, ICAAN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah badan lembaga pemerintahan internet global yang bertanggungjawab untuk mengelola infrastruktur internet meliputi alamat IP, nama domain, dan root server.

Handshake (HNS ) juga merupakan solusi atau alternatif lain untuk bereksperimen dengan cara-cara baru agar layanan internet lebih terdesentralisasi. Pada dasarnya, gagasan dari Handshake ini adalah bahwa sistem terdesentralisasi menawarkan pemilik domain dengan keamanan yang lebih terjamin, privasi yang terjaga, kebebasan akses kelola, dan kontrol penuh atas nama domain mereka.

TL;DR

Handshake Domain

Mas, intinya aja langsung bisa tidak? bahasanya belum mudah dirangkum ke otak 😀 jadi intinya gini, Handshake (HNS) Domain ini merupakan nama domain generasi terbaru yang terdesentralisasi dan masih dalam tahap uji coba atau pengembangan, terus arti terdesentralisasi itu apa? artinya kontrol penuh atas penggunaan domain tersebut ada pada pemilik domain itu sendiri, intinya pengelolaan domain ini lebih bebas dan tidak ada campur tangan lembaga otoritas siapapun.

Pengaruh Penggunaan Handshake

Dalam kondisi saat ini, domain Handshake adalah demo teknologi eksperimental seperti yang dikatakan pada situs resminya. Penting untuk diperhatikan bahwa, saat ini browser seperti Chrome, Mozila, Opera dan lain-lain tidak bisa sesederhana untuk bisa mengakses suatu handshake domain, untuk dapat mengakses domain handshake, diperlukan sebuah pengaturan tambahan.

Baca Juga: Pengertian Internet: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Bagaimana Cara Mengakses Handshake Domain?

Seperti disebutkan diatas, Handshake adalah pelopor dalam mendesentralisasi suatu web untuk internet yang lebih terbuka. Oleh karena itu, sebagian besar browser belum mendukung untuk dapat mengakses ke domain HNS. Namun, ada beberapa cara untuk mengaktifkan browser atau perangkat untuk dapat mengenali domain ini. Di kutip dari Namecheap, berikut beberapa cara atau alat untuk bisa mengakses suatu domain handshake.

  1. Menggunakan NextDNS
  2. Menggunakan HNS.TO
  3. Menggunakan Puma Web Browser
  4. Menggunakan Bob Extension untuk Chrome
  5. Menggunakan NextDNS.io
  6. Menggunakan Virtual Private Server (VPN)
  7. Menggunakan Beacon Web Browser
  8. Menggunakan Fingertip

Bagaimana Cara Membeli Handshake Domain?

Pada awal munculnya protokol Handshake (HNS) hanya dapat dibeli dengan menggunakan coin HNS itu sendiri. Namun, belum lama ini, seperti dijelaskan sebelumnya, Namecheap sebagai penyedia layanan pendaftaran domain dan hosting terbesar ke-2 di dunia telah mengumumkan peluncuran layanan pendaftaran dan pengelolaan domain Handshake, untuk itu metode pembayaran dapat menggunakan kartu kredit ataupun paypal.

cara beli domain handshake

Seperti contoh diatas adalah alamat domain handshake dengan alamat ruslianwar.🐱

Tentunya masih banyak lagi domain handshake yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan atau memang suka dengan alamat domain tersebut, terlihat keren ya guys ya!

contoh domain handshake

Daftar Kutip Referensi

Namebase learning center: https://learn.namebase.io/
DANE: https://archief.dnssec.nl/cases/dane-de-macht-aan-de-domeinnaam-houders/index.html
ICANN paper on alternative names (dated April 27): https://www.icann.org/en/system/files/files/octo-034-27apr22-en.pdf
https://www.howtogeek.com/devops/handshake-domains-blockchain-powered-dns-is-here-but-should-you-use-it/

Kesimpulan

Walaupun masih menjadi perbincangan yang serius oleh para pakar di seluruh dunia, harapan admin mudah-mudahan kedepannya protokol DNS “Handshake” domain ini bisa digunakan dan diakses seperti nama-nama domain pada umumnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply